23.2.14

Wacana perbaikan pendidikan sekolah ; dahulukan prestasi akademik atau pengembangan sumberdaya manusia ?


Perbaikan sekolah merupakan sebuah upaya sintetik dan terus menerus yang diarahkan pada perubahan kondisi belajar dan hal lain yang berhubungan dengan kondisi-kondisi internal sekolah (van Velzen et. Al. : 1985). Maka wacana yang berkembang adalah apakah upaya perbaikan itu dari prestasi akademik atau pengembangan sumberdaya manusianya.
           Perbaikan sekolah difokuskan pada pengambangan staf secara profesional sehingga diharapkan memberikan pengaruh positif bagi kesuksesan murid. Ketika para pemangku lembaga pendidikan mampu memberikan pelayanan yang profesional maka prestasi juga akan meningkat dan menjadi unggul.
           Namun, wacana lain memfokuskan pada peningkatan prestasi akademik. Ketika upaya ini dioptimalkan, maka secara sistematis pengembangan sumber daya manusia juga harus mengikutinya. Perbaikan sekolah dalam pola ini melalui peningkatan proses belajar mengajar dan kondisi lain yang mendukungnya. Guna peningkatan pendidikan yang berkualitas.
           Hemat saya, keduanya saling melengkapi satu dengan lainnya. Namun, berbeda fokus dan permulaan langkahnya. Kita dapat mengambil salah satu posisi dari keduanya, yang terpenting adalah konsistensi dalam melangkah melakukan perbaikan sekolah kita.