Perbaikan sekolah
merupakan sebuah upaya sintetik dan terus menerus yang diarahkan pada perubahan
kondisi belajar dan hal lain yang berhubungan dengan kondisi-kondisi internal
sekolah (van Velzen et. Al. : 1985). Maka wacana yang berkembang adalah
apakah upaya perbaikan itu dari prestasi akademik atau pengembangan sumberdaya
manusianya.
Perbaikan sekolah difokuskan pada
pengambangan staf secara profesional sehingga diharapkan memberikan pengaruh
positif bagi kesuksesan murid. Ketika para pemangku lembaga pendidikan mampu
memberikan pelayanan yang profesional maka prestasi juga akan meningkat dan
menjadi unggul.
Namun, wacana lain memfokuskan pada
peningkatan prestasi akademik. Ketika upaya ini dioptimalkan, maka secara
sistematis pengembangan sumber daya manusia juga harus mengikutinya. Perbaikan
sekolah dalam pola ini melalui peningkatan proses belajar mengajar dan kondisi
lain yang mendukungnya. Guna peningkatan pendidikan yang berkualitas.
Hemat saya, keduanya saling
melengkapi satu dengan lainnya. Namun, berbeda fokus dan permulaan langkahnya.
Kita dapat mengambil salah satu posisi dari keduanya, yang terpenting adalah
konsistensi dalam melangkah melakukan perbaikan sekolah kita.