23.2.14

Gerakan memperbaiki Sekolah


Gerakan sekolah efektif (effective school movement) dan gerakan perbaikan sekolah (school improvement movement) dan gerakan sekolah bermutu (quality school movement) berbeda dalam mengatasi masalah-masalah pendidikan sekolah.


Untuk memotret perbedaan-perbedaan ketiga gerakan tersebut dalam mengatasi masalah-masalah pendidikan, setidaknya dapat kita pahami sebagai berikut* :

Gerakan sekolah efektif (effective school movement)
Gerakan
perbaikan sekolah (school improvement movement)
Gerakan sekolah bermutu (quality school movement)
Alasisis / penyusunan problem dalam term teori dan praktek pendidikan.
Alasisis / penyusunan problem perbaikan dalam term efektifitas sekolah.
Alasisis / penyusunan problem pengendalian mutu layanan pendidikan.
Pemanfaatan pengetahuan praktis
Pemanfaatan dasar pengetahuan efektivitas sekolah
Pemanfaatan dasar efektivitas layanan mutu sekolah
Desain studi
Desain rencana untuk aksi dan implementasi rencana
Desain rencana pengem-bangan sumberdaya manusia
Tes hipotesis
Evaluasi proyek
Kepuasan layanan
Diskusi dan konklusi juga dengan penghargaan terhadap perbaikan sekolah
Diskusi dan konklusi juga dengan penghargaan terhadap perbaikan sekolah
Pemberdayaan dan release pengembangan sumberdaya manusia
Pengetahuan untuk lakukan aplikasi
Pengetahuan untuk lakukan Rekonstruksi
Pengetahuan untuk lakukan layanan.
)* Merujuk pada karya Tony Bush dan Marianne Coleman dalam bukunya leadhership and strategic management in education dan edward Sallis dalam bukunya total quality management in education.